Allah berfirman :

﴿ قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا ﴾

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Rabbmu itu adalah Rabb yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabbnya. (QS. Al-Kahf: 110)

Al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah menjelaskan ayat tersebut;

 أي كما أنه إله واحد لا إله سواه، فكذلك ينبغي أن تكون العبادة له وحده. فكما تفرّد بالإلهية يجب أن يُفرد بالعبودية.

Yakni sebagaimana Dia(Allah) sungguh merupakan sesembahan(yang benar -penerj) satu-satunya, yang tidak ada satupun sesembahan(yang benar -penerj) selain Dia. Maka demikian pula, semestinya peribadatan itu hanyalah ditujukan kepadaNya satu-satuNya. Lalu sebagaimana Dia pula bersendiri dalam hal ketuhanan, maka Dia pun wajib dijadikan satu-satuNya dalam peribadatan.

Beliau melanjutkan penjelasannya;

 فالعَمل الصَّالحُ هو الخالي من الرِّياء المقيَّد بالسنَّة ، وكان من دعاءِ عمر بن الخطَّاب رضيَ الله عنه :

  Lalu (maksud dari) amal saleh(pada ayat di atas -penerj) adalah amalan yang terlepas dari riya' serta senantiasa terikat(terbimbing -penerj) dengan As-Sunnah(petunjuk Nabi ). Dahulu termasuk bentuk do'a dari 'Umar bin Al-Khoththob radhiyallahu'anhu adalah:

 اللَّهُمَّ اجْعَلْ عَمَلِي كُلَّهُ صَالِحًا وَاجْعَلْهُ لِوَجْهِك خَالِصًا وَلَا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ فِيهِ شَيْئًا.

'Ya Allah jadikanlah amalanku seluruhnya menjadi amalan sholih, dan jadikanlah amalanku itu murni mengharapkan WajahMu semata. Dan janganlah Kau jadikan pada amalan tersebut sedikitpun untuk seorang makhluk.' 

📖 Dinukil dari Kitab Ad-Daau wad Dawaau Hal. 303, Cetakan Daarul 'Alamul Fawaaid